Kamis, 19 April 2012

LANGGAM ARSITEKTUR

Pengertian Langgam
Langgam Arsitektur adalah bagian dari budaya sedangkan budaya adalah hasil karya dari manusia. langgam itu bahasa indonesia dari kata \’style\’, atau kata \’gaya\’ kadang bertabrakan arti dengan \’force\’, contoh \’gaya berat\’ dll. Sejak post modern, para arsitek banyak memperdebatkan tentang langgam ini yang berarti hal yang terkait dengan suatu ciri, bisa berupa budaya, tokoh, peristiwa sejarah, dan lain-lain. sebuah karya arsitektur bisa berlanggam eropa, cina maupun nusantara. bisa berlanggam \’le corbusier\’ yang disebut dengan \’corbusian\’, bisa berlanggam \’era kemerdekaan indonesia\’, dan seterusnya.
Langgam arsitektur memiliki banyak jenis, seperti langgam arsitektur modern, langgam arsitektur post-modern, langgam arsitektur dekontruksi, langgam arsitektur klasik, langgam arsitektur vernakular dan lainnya, tetapi di bawah ini hanya akan di jelaskan langgam arsitektur klasik dan langgam arsitektur vernakular.
A. Arsitektur Klasik
Langgam Arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani atau Romawi, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Dalam sejarah arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani. Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dll. Dalam beberapa kasus hal tersebut benar, namun arsitektur klasik juga banyak memiliki nafas modern dan desain gedung yang rumit. Misalnya, atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna.
Langgam Arsitektur Klasik muncul bersamaan dengan dimulainya peradaban tulisan secara formal. Belum ditemukan secara spesifik kapan era ini dimulai maupun berakhir. Namun, jenis langgam ini banyak dijumpai di benua Eropa. Dalam beberapa alasan, jenis arsitektur dan dibangun dengan tiga tujuan: sebagai tempat berlindung (fungsi rumah tinggal, sebagai wadah penyembahan Tuhan (fungsi rumah peribadatan) dan tempat berkumpul (balai kota, dsb). Untuk alasan kedua dan ketiga inilah bangunan ini dibuat sedetail mungkin dan seindah mungkin dengan memberi ornamen-ornamen hiasan yang rumit. Bentuk-bentuk arsitektur klasik masih eksis hingga saat ini dan diadopsi dalam bangunan-bangunan modern.
Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan kuburan orang-orang Mesir. Bentuk-bentuk arsitektur klasik masih eksis hingga saat ini dan diadopsi dalam bangunan-bangunan modern. Pilar-pilar besar, bentuk lengkung di atas pintu, atap kubah, dsb adalah sebagian ciri Arsitektur Klasik. Ornamen-ornamen ukiran yang rumit dan detail juga kerap menghiasi gedung-gedung yang dibangun di masa sekarang.
B. Arsitektur Vernakular
Arsitektur vernakular, berawal dari arsitektur tradisional, yaitu transformasi dari situasi kultur homogen ke situasi yang lebih heterogen dan berusaha sebisa mungkin menghadirkan citra, bayang-bayang realitas arsitektur tradisional. Rasa hormat pada tradisi “agung” dan “tinggi” biasanya cukup nyata pada arsitektur vernakular. Citra yang disajikan lebih banyak bersandar pada referensi arsitektur “rakyat” daripada terhadap bangunan keagamaan, bangunan milik bangsawan-penguasa dan sejenisnya. Referensi pada arsitektur “rakyat” yang secara fungsional sudah beradaptasi, jitu, teruji terhadap alam tempatnya berada, biasanya lebih memiliki kepekaan baik secara teknis, sosial, dan kultural.
Pada perkembangan mutakhir, di mana heterogenitas kultur menjadi dominan, arsitektur tradisional mengalami lompatan melampaui proses vernakularisasi, dan muncul dalam wujud eklektik (campur aduk) wujud tradisional, tanpa perduli pada tatanan, hirarki makna, pengertian yang terkandung pada wujud “asli”-nya. Kita bisa saksikan, masih di Bali, berbagai tradisi arsitektur, baik tradisi “agung” dan “tinggi”, bahkan juga dari berbagai belahan dunia, dari puncak-puncak kebudayaan sejagat disajikan dalam kehadiran baru di dalam kerangka kultur Bali kontemporer. Lihat saja daerah Kuta.
Arsitektur vernakular adalah sumber daya setempat yang dibangun dengan teknologi sederhana untuk memenuhi kebutuhan khusus yang mengakomodasi nilai ekonomi dan tatanan budaya masyarakat setempat. Proses rancang arsitektur vernakular dilandasi oleh pemikiran rasional dan spiritual. Masyarakat menghargai arsitek vernakular sebagai wujud dari budaya dan kepercayaan masyarakat yang di aplikasikan ke dalam bangunan. Merancang dengan potensi arsitektur vernakular berarti mencari karakteristik arsitektur dari sebuah wilayah. Menetapkan arsitektur vernakular sebagai sesuatu yang sulit dan berbeda dengan arsitektur masa kini akan membuatnya semakin ditinggalkan oleh generasi muda arsitek. Arsitektur vernakular sendiri dianggap tidak mampu menjadi daya tarik pada masa modern saat ini. Mereka menganggap bahwa arsitektur modern lebih membudaya saat ini.
Namun, jika arsitektur vernacular di padukan dengan arsitektur modern, maka akan lebih menarik. Baik asli maupun paduan, baik diterapkan dalam aspek rinupa maupun tanrinupa, karya arsitektur masa kini yang sudah berusaha dirancang dengan penggalian adat dan budaya nusantara pantas disebut sebagai arsitektur vernakular.
Arsitektur vernacular yang mengambil konsep-konsep kebudayaan ini juga dapat mempertahankan karakteristik dari daerah tersebut. Sehingga nilai-nilai kebudayaan pada daerah tersebut tidak hilang dan dapat dilestarikan. Selain itu, penerapan konsep arsitektur vernakular juga mengurangi pemakaian energi yang berlebihan. Ini di karanakan arsitektur vernakular lebih menggunakan material-material yang ramah lingkungan, dan dapat diperbaharui seperti kayu. Sehingga kesan budaya yang ditimbulkan pada arsitektur vernakular lebih muncul dengan pemakaian material kayu tersebut. Selain itu, arsitektur vernakular yang merupakan wujud baru dari arsitektur tradisional juga akan berorientasi pada kondisi alam sekitar. Sama halnya seperti arsitektur tradisional pada zaman dulu. Sehingga dapat mengurangi penggunaan pencahayaan dan pendinginan buatan.
Penggabungan konsep arsitektur vernakular dengan konsep arsitektur lainnya dapat menjadikan suatu wujud perkembangan arsitektur saat ini tanpa meninggalkan budaya suatu wilayah yang sudah ada sejak lama. Sehingga semakin memperkaya konsep arsitektur. Penerapan konsep arsitektur vernakular juga menjadikan arsitek lebih menghargai budaya dikarenakan arsitek lebih mengetahui proses terjadinya budaya pada suatu wilayah dari hasil pencarian dari dasar budaya pada wilayah yang akan digunakan untuk penerapan konsep arsitektur vernakular.

Sumber :

(http://conanarsitektur07.blogspot.com; http://wikipedia.com/arsitektur-klasik; http://blogdetik.com/drag_guardian; http://silabanbrotherhood/gaya-gaya-arsitektur; http://topnews.com/5-bangunan-terunik-di-dunia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar